Trio Trip - Spent Lebaran in Bandung (Two Days More Than Enough)

“Bandung bukan cuma masalah geografis, bagiku, tetapi juga melibatkan perasaan.”-Pidi Baiq 

Aku merasakan apa yang disakan Pidi Baiq yaa begitulah aku berulang-ulang kali, bolak-balik jalan-jalan di Bandung tapi gak pernah bosan dan malah nagih terus.

26 june 2017, that was not my first time in bandung. I have visit Bandung four times for travelling but it still not enough. When I will leave Bandung city at the end of trip my heart will wisphered "see you again" So I was "forced" back to beautyful city.

Aku pernah berjanji sama temen gue yang udah sering banget aku ceritain sama kalian disini, untuk bawa dia keliling kota bandung Cielahh, gaya banget kayak aku udah mengusai sudut-sudut kota bandung aje. harusnya aku dan dia ke bandung di penghujung April lalu. tapi karena jam terbang aku cukup tinggi dengan rencana yang seringnya tidak diduga-duga. maka Iam sorry to say; aku tiba-tiba batalin janji PHP dong

"Jangan pernah membuat janji yang tidak bisa kau tepati"~~Interstlellar. maka demi gak ngutang janji terlalu banyak jadilah aku baru bisa penuhi kemaren. 

Kenapa baru nulis tentang bandung sekarang sementara udah ngunjungin bandung berkali-kali? yaa, mungkin karena ini masih yang paling fresh di ingatan yang pastinya travelling versi-versi sebelumnya pasti gue share.

FYI : gue selalu travelling dengan publik transport dan di libur yang serba sempit dengan dana yang sangat pas-pas-an, jadi gak usah beralasan gak bisa travelling karena gak punya transportasi atau libur atau uang. Whatever!!!. Everyone can travel if there is a will.

***
We started the journey from Bogor terminal
Aku yang paling alergi bangun pagi bela-belain bangun dan mandi jam 4 pagi. kebayang kan gimana dinginnya kota hujan di subuh begitu? jam 5 pagi kami (bertiga: gue, Nia & Rita) berangkat dari rumah dan yang paling bego sih aku baru tahu kalo grab/Gojek itu aktif mulai jam 5 pagi. jadi jam 5 kurang aku gak bisa dapat Go car / grab car akhirnya kami mutusin naik bike entar ketemuan di terminal... Lama dehh! jam 6 kami Lets To The Gooooo dari bogor naik bus MGI dengan ongkos 80rebu normalnya sih 65rebu karena ini lebaran yaa sudahhlahh.


Guess what happened? aku yang masih ngantuk berat, udah tidur-bangun-tidur-bangun-tidur - lagi dan lagi, udah belenjotan ke kiri ke kanan, udah ngences kemana-kemana, udah sampe bosan tidur-an kami gak nyampe-nyampe bandung (nangis). Maceeeeeettt parahhh gilaaaaa. terutama buat sampe di Cikarang itu butuh perjuangan panjang. bangun-bangun gue kira udah nyampe bandung. yaolloooooohhh kami masih stuck di Tol Cikarang. jam 12 roda MGI akhirnya menjejak di terminal leuwi panjang juga. Bandung here I come again....

Dengan Damri versi bandung (Busway kate org Jakarta), kami lsg menuju Alun-alun karena Hotel tempat kita menginap cuma 200 Meter dari KAA menunggu jam Cek in 14.00, yaudeh kita muter2 di alun-alun bandung dan sepanjang jalan KAA. tapi kita gak bisa dapat spot foto bagus isinya lautan manusia dan lautan sampah. gue paling sebel sama orang-orang yang berkunjung menikmati keindahan suatu tempat dan nyampah seenak hati. Ya ampun ini udah tahun berapa dan kita masih doyan buang sampah sembarangan :(. Buseeeettt. mungkin orang-orang dari berbagai belahan dunia tanpa memandang kasta, golongan dan status sedang berkumpul di bandung. Penuh sama manusia pokoknya sampe sesakkk. ohh iyaa ditambah HANTU, beneran sepanjang jalan KAA di depan gedung KAA, Depan gedung Merdeka isinya berbagai jenis HANTU yang super jahil dan super kreatif. gue mah ogah fotoan sama hantuu.




***

ohh iya, aku mau kenalin partner jalan-jalan gue kali ini Trio Trip, Wanita settrong yang saking settrongnya gak butuh cowok buat di jadiin partner. we can solve everything our own problem..

Fyi, kita bertiga tuh wanita dengan tinggi badan minimalis semua, jadi kalo kita jalan kayak ABeGeh labil. padahal umur mah, ohh Jangan ditanya?. udah bisa produksi anak 3. ett dahhh... :Xp

Rita
Kecil, Pendek (kayak gue tinggi aje), putih, cantik dan Cewek idaman para pria-pria banget. ehh, nahh loh ini bukan tulisan perjodohan kita lagi bahas travelling kan yaa?. gue pernah sekali waktu naik gunung bareng dia you can read this! dan buat aku pribadi sih dia orang nya asik, yang paling bikin asik tuh dia bisa diajak susah, gak bawel gak manja. Dia sukaaaaa Belanjaaaaaa kayak gue dong. Jadilah kami kayak anak bebek lepas kalo udah liat bazaar, liat mall, liat store, liat factory outlet liat pedagang kaki lima juga kami berdua histeris alay dan perjalanan belum sempurna kalo belum berhasil pulang dengan membawa pretelan murah meriah dan tempat yang baru dikunjungi. Ehh, tapi dia Perutnya gak bisa diajak kompromi harus makan tiga kali sehari seperti kata pak Dokter, padahal kalo jalan sama guekan suka lupa makan dan janjiin; "entaran aja makannya disana". sampe blio sakit perut dan mules-mules di TOILET COWOK. hah! kok toilet Cowok??, Aku juga gak nyadar kalo kami masuk ke toilet cowok saking kebeletnya. pas keluar aku baru menyadari sesuatu yang aneh, kok ada urinoirnya (tempat pipis)? astafirullohhh ternyata kita masuk toilet tanpa baca sign yang di pintu.  yang penting plong dahh... hahahaa



Nia. 
nah ini sih udah gak asing dong?, temen gue paling cihuy. GALAAAAK tapi yaa, kalo BATAKnya udah keluar, KELARRR hidup looo, Preman terminal juga kalah kalo udah sama dia. But She is our hero, jadi kayak guardian angel gitu. sepanjang perjalanan. suka ngeluhhh kalo jalan jauuuuuh. (padahal kan gue hobinya ngiritt dengan jalan kaki berkilo-kilometer hahahhaha). yang aku suka dari dia, dia  juga bisa diajak jadi gembel jalanan, yang penting jalan dahhh. ehh tapi dia Hobby foto terus sosmednya dia penuhhhhh, batre hapenya habis buat aplod-aplod foto terus minjam Powerbank Errrrr... Gak suka shopping ! jadi dia paling bete kalo nungguin kami berdua yang mau beli sandal pita-pita seharga 35rebu aja mesti mengobrak-abrik seisi pasar baru.




Gue=eltor
Insan paling cute, paling manis dan paling grazy dalam perjalanan ini
hobi jalan kaki, lari-larian kayak anak bebek. kuat gak makan seharian tapi sekalinya makan porsi 3 orang juga bisa abis. dan yang pasti gue membuat harimu menjadi lebih berarti dan berwarna. nikahin adek sekarang bang. plisss... nahh Lohh??


1st Destination
Chingu Cafe - chagiya Korean Suki & BBQ dan Dongdaemun Street.
ini semacam little seoul di bandung, Eitss.. kami gak lagi ke korea kok,karena ke korea itu mahal, jadilah kita nge-rasain 100%nuansa korea disini. mulai dari tempatnya yang didesain sedemikian rupa kayak korea, musicnya, makananannya. pokoknya masuk kesini berasa ada di korea dan hasrat selfie nya itu menukik tajam, lari-larian foto sana-sini. berasa jadi tourist di korea deh pokoknya *kibasponi pake kacamata hitam*



banyak snack street  gitu :)

yaa buat kamu K-POP lovers, wajib kesini karena kamu bakal dimanajain mulai dari suasana sampe makanannnya yang korea banget. Cafenya bernuansa rumah tradisional korea terus ada kios-kios street snack kayak di Dongdaemun Street. pokoknya ditata epic dan apik semua deh sampe toilet aja penuh sama artis korea, terus ada train station untuk waiting list. dan buat kamu yang pengen foto-foto pake baju korea yang disebut hanbook disewakan 30 ribu 15 menit, lo bisa deh lari-larian sepanjang lorong dan setiap sudut buat dapetin foto ter-instragamable dan temen-temen lo bakal ngira lo lagi di Dongdaemun street beneran.




Saranghaeoyu Mr.S.. (Ssst rahasia)


FYI; harganya makanannya juga masih terjangkau kantong rakyat jelata kok dari range 7k-50K eks (₩ 2,700) di daftar menu pake Won tinggal nambahin nol satu jadi berubah ke rupiah. jadi itu maksudnya 27rebu gitu.
Numpang foto doang, beli makan mah kagak :P


Disini juga kamu bisa fotoan sama Joong-Ki Oppa, (sssttt... aku gak tau loh kalu dia itu Joong-ki yang sering bikin K-pop Lovers histeris. dan lebih parah lagi buat nulis namanya dengen bener gue maesti gugel. sebut saja jung kit biar gampang!) sampe kemaren Instagram gue heboh gara-gara pernikahannya dia. nah bukkannya ini oppa yang di chingu cafe?, nyesell dehh gak foto sama Oppa. tapi eonni nia masih sempet kok fotoan sama oppa jung kit sebelum nia patah hati mendapat kabar pernikahan oppa. Ternyata cinta nia kepada Oppa bertepuk sebelah tangan. Nyeseeekkk bangetttttt!!!!. I know it feel so well...
Nia patah hati setelaH oppa jung kit mengumumkan pernikahannya


2nd Destanation
Gedung Sate-Gasibu
So, What Special in Here? Gedung sate adalah Kantor pemerintahan Provinsi jawa barat. kenapa disebut Gedung Sate?
karena Ujungnya persis kayak sate. yakaleeee... dan disebrangnya ada lapangan Gasibu. tempat olahraga dan sering juga menjadi acara-acara seremonial gitu.

nahh, abis berselfie disini (kita jalan kaki loh dari chingu kesini yahh, 1KM an lahh) kita nyari makan setelah dilema karena para pedagang masih banyak yang belum aktif usahanya maklum masih lebaran. akhirnya kita neduh juga di bawah tenda biru di depan Telkom buat makan pecel ayam dan segelas Teh manis hangat. and the drama begins...

ini Gasibu dan sebreangnya ada gedung sate


Nia baru nyadar setelah mengobok-obok isi tas dan mengecek berkali-kali segala kantong, kantong celana, kantong jaket hingga kantong doraemon. She Lost her phone... Dia sedih, manyun dan nelangsa. gue dan Rita Panik. sibuk nelponin no. yang udah gak aktif. masa iya sihh, di Chagiya yang notabene pengunjungnnya ekonomi menengah ke atas ada yang doyan HP yang harganya gak sampelah jual tanah. Jahat banget sih kalo nemu HP langsung gak diaktifin. Aku yang baru kehilangan HP 1 bulan yang lalu aja udah komitmen kalo nemu HP bakal gue balikin. Aku udah tahu gimana rasanya kehilangan. PERIHHHH JENDERALLLL!. galau sama memory card, galau sama kontak, galau harus ke grapari galau harus kehilangan kenangan yang tak ternilai harganya di dalam HP.

Yang paling sadis adalah saat nia menghardik bapak Tua yang mau ngamen, dengan muka melas mau main seruling. trus dengan ketus nia ngomong maaf yaa pak, jangan ganggu saya, saya lagi kehilangan!" duhh, muka Bpknya kasian banget aku yang lagi sibuk merogoh-rogoh kantong sampe buka tas malah susah banget nemu uang  hingga akhirnya si Bapak pergi dengan muka miris kayak baru di-eleminasi dari Indonesian Idol dengan komentar pedess para juri. Entah karena udah haus banget, atau galau bisa bikin kerongkongan kering, Nia mesen lagi 1 gelas Teh manis hangat, Kang kasepnya datang-datang bawa segelas ES JERUK maka mampuslah itu Kang Pecel Ayam diamuk Nia yang lagi kebakaran. nyuruh ganti pesenannya. si Akangnya kesel (dalam hati) Es jeruknya dibuak ke comberan duhhh... 

kami lagi memepersiapkan dialog imajiner jika ditanya HP Nia kemana?, Hilang Dimana? apa jawaban yang harus diberikan ke Pak BUTEK CS. entahh siapa itu pak BUTEK. gue  gak kenal! tetapi selalu jadi trending topicnya mereka :D. kami udah ngitungin uang di ATM masing-masing buat beli HP baru, Hp baru yang harganya tak seberapa tapi maunya banyak. hahhahaaa. gue sibuk gugling Grapari yang buka 24 jam dan tetap buka di bulan ramadhan. 

Pesan Grab cuss dehh, 
nemu Bpk Driver usia 70 tahun dan masih bisa mengemudi matanya belum rabun. Mantap soul bapak itu. Bapak tersebut juga tahu Grapari dago yang kami maksud jalanan bandung lengang malam itu, macetnya cuma dititik-titik tempat wisata tapi kalo jalanan umum mah sepi pisan.

Puji Tuhan banget, Graparinya masih buka. tapi Nia gak bawa KTP (dan SOPnya itu kalo ngurus SIM card yang hilang harus pake KTP ASLI). kita pasang muka-muka kasian, Muka-muka yang sudah mengalami berupa-rupa dan beragam cobaan hidup. "Mas, HPnya hilang. disana banyak kontak klien, takut di salah gunakan. KTPnya belum jadi Resinya tinggal di jakarta. Kita dari Jakarta loh mas tapi FC KTP lama sama SIM mah bawa"
Entah karena muka kami emang udah muka kasian banget, atau ini berkah ramadhan. Yeeiiii... mamasnya mau memproses permintaan kita.  kurang dari 1 jam kartu baru dapat tinggal beli HP nya aja.

Udah lagi dalam keadaan kemelut yang panjang. aku masih semangat ngajakin jalan ke braga. jadilah Nia dengan muka sedikit kecut ngikutin kita ke braga, diajakin belanja gak mau, diajakin makan gak mau padahal cafe-cafe sepanjang jalan braga selain bikin laper perut,  lapar mata juga. kita beli kopi dari Indomaret terus minum kopi sambil jalan pulang ke penginapan. 

**Tarak Dung Ces**- Matik!
di alun-alun kota bandung ketemu sama Team sebelah kantornya Nia juga yang lagi Travelling di Bandung. oh maigat-maigat. Dunia ini sempit. ada adegan Histeris jijaiiiii gitu pas nemu team sebelah yang memang kebetulan banget (Ps: itu cowoknya ada yang lumayan satu. salamin dong. Ettdahhh :D )

**
Tarak Dung Ces... Dung-dung Crek
Nyampe di kamar, terus mandi, beres-beresin barang. YOU KNOW WHAT??? Violaaaaaa.... ternyata Hp yang dicari-cari, yang udah bikin perjalanan ini melow-melow gak jelas!. nyelip di ransel Nia. Grrrrrrrrr... rasanya gue pengen jitakkk!!!! pengen smack down!!! kalo gak gara-gara hp hilang ogah banget gue balik ke hotel cepat. aku masih mau nikmatin Kota bandung dimalam hari. masih mau ngelilingin Braga dan masih pengen makan makanan enak. Itu HP nemu bikin bahagia girang banget sekaligus nyebelin yakk. untung Nia gak nangis-nangis kalo gak? mampus lo gue ledekin tiap hari.


3th destination
Dusun Bambu-The magical nature

pagi-pagi sebelum Ayam jantan berkokok 7 kali, kami udah standby di depan nungguin Grab yang siap bawa kami ke dusun bambu (karena kalo bertiga naik public transport hitung-hitung pengeluarannya malah lebih praktis dan hemat naik grab jadilah kita Grabers kemana-mana) 

Biarkan lah Foto yang bercerita bahwa tempat ini emang indah banget, adem banget. asri banget, dan seger banget. dan disini tersedia beraneka ragam makanan khas sunda yang enak-enak banget. (mayan mahal sihh, tapi worth it lah sama tempatnya :D)









4th Destination
Farm House - Dutch Land ala-ala
Aku udah 2 kali ke tempat ini dan selalu di guyur hujan, jadi perjuangan menembus macet dari dusun bambu ke farm house ini rasanya sia-sia. in normal condition we only need 50 minute, kita?? omaigat!!!  3 Jam stuk dijalan demi mencapai tempat ini. pas nyampe di Farm House di sambut hujan deres banget, lautan manusia sampe buat foto aja susah, gak dapat table buat makan. semuanya penuhh!!!. Rita mulai pucat kelaperan cuma di sponsori biskuit sama susu sebagai makan siang.
maksud hati mau foto di rumah the Hobbit apalah daya cuma spot ini yang sepi :(

Lagi-lagi demi menembus kemacetan yang tertembus, kita naik grab bike ke terminal ledeng only 10K dan lanjut busway ke Pasar baru 5K. yang bikin bete itu lagi-lagi macet  parahhhh dijalan-jalan tertentu. 

PS: kalo mau liburan jangan di hari libur besar. yaa kaleeee... .

Before we back to "Habitat"
kami makan setelah PHP-in Rita berulang-ulang kali soal makan siang, YES kita udah ngitarin Bandung sejauh Hotel Astria Graha-Dusun Bambu-Farm House. puluhan kilometer cuma di supply secangkir kopi dan roti bakar. SETTRONG. Rita yang tiap saat nanyain "kapan makan?", harus kecewa karena di Farm House hujan deres dan kita gak dapat table buat makan. di terminal leuwi panajang gak jadi makan karena takut ditinggal busway yang aku kira udah mau berangkat, gak taunya masih nge-tem sampe 1 jam. Iam so sorry Rita :(.


aku masih berharap Pasar Baru masih rame dan kita bisa belanja murah mjeriahhhh, gak taunya karena ini emang masih puncaknya lebaran. Pasar Baru masih pada tutup. dan tempat makan di lantai atas belum ada yang buka ZONKKK!!. Poor Me!. demi menenangkan Rita yang sudah gelisah, kita nyariin tempat makan gak ada, di tawarin makan di terminal leuwi panjang aja gak mau!. (takut di PHP in lagi kali sebebnarnya.:Xp). akhirnya kita milih makan di KFC satu-satunya tempat makan yang ada di jagat raya ini, ehh lebaiii  dan kita kalaaapp.
Rita sampe nambah nasi  lohh.. wkkwkw

***
Finally, kita pulanggg. setelah nyaris ketinggalan Bus. ternyata Bandung-Cikarang terakhir 20.00. kebayangkan kalo gue gak dapat bus pulang? aku gak bisa kerja besoknya, sementara kunci kantor  gue yang pegang. abisss liburan kena PHK- amit-amit.

Thanks a lot become a part of my travel story my friend :), besok-besok jangan kapok ngajakin gue jalan yakkk.. *nyengir*

ini picture bonus :P


Ketika macet dan mereka tidur enak-enak cause Tepaaaaarrrrr

**
Buat gue jalan-jalan itu tidak sekedar berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain, Jalan-jalan itu gak sekedar foto sana-sini untuk koleksi dan pamer di Sosial media. Lebih dari itu buat gue jalan-jalan adalah tentang belajar, belajar mengenal budaya orang lain, belajar memahami orang lain, belajar untuk lebih mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan terlebih belajar untuk mencintai alam semesta dan segala isinya. Karena 20 tahun dari sekarang kamu kan menyesali hal-hal yang tidak anda lakukan daripada yang kamu lakukan. So lets travel as much as posibble...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN DAN UPACARA SERAH TERIMA JABATAN

ONE DAY TRIP IN SEMARANG

Analisis Slumdog Millionaire