Self Disclosure pengguna Twitter terhadap Followersnya


JUDUL :   SELF DISCLOSURE  PENGGUNA TWITTER PADA FOLLOWERSNYA 
I.                PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog  sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan  (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
Twitter telah menjadi online diary bagi sebagian besar penggunannya, istilah yang digunakan dalam mikroblog popular tersebut adalah “what are you doing” yang berarti “apa yang sedang anda lakukan” dimana pengguna twitter dapat menuliskan aktivitasnya, pengguna twitter bebas mengungkapkan apa saja baik itu sekedar memberitahu apa yang sedang dilakukan, dimana posisi penguna saat itu, maupun berbincang dengan pengguna twitter lainnya. Tweet atau apa yang mereka tulis dapat dibaca oleh followers atau para pengikut mereka.
Salah satu pengguna yang cukup banyak di Indonesia adalah dari kalangan artis. Sejak naiknya kepermukaan masalah kasus Luna Maya yang memberikan komentar pedas mengenai infotaiment di status twitternya. Justin Bieber yang menuliskan Indonesia sebagai Negara antah berantah pada status Twitter juga sempat menjadi perhatian dunia apalagi ketika Syahrini menyuruh Justin Bieber minta maaf kepada masyarakat Indonesia lewat akun twitter tersebut. Selain dari kalangan artis pejabat atau politikus juga sering menggunakan Twitter sebagai ajang untuk mencari popularitas, Obama pernah menggunakan Twitter sebagai media kampanye. para penegak hukum di Indonesia baru – baru ini terkait dengan kasus Polri VS KPK juga mencari dukungan masyrakat lewat Twitter.
Banyaknya public figure yang menggunakan Twitter sehingga memancing fansnya juga memakai Twitter, semakin banyak masyarakat yang penasaran seperti apakah situs jejaring sosial ini, mampu menjadi tempat untuk menumpahkan segala perasaan penggunananya. Dengan adanya fasilitas yang tersedia dalam Twitter, setiap pengguna bisa menjaga silahturahmi (pertemanan), mencari berbagai informasi dan berbagi informasi,  termasuk juga Bisa Memata-matai aktivitas teman,idola kita. maksudnya kita dapat mengetahui apa yang dilakukan oleh teman /idola kita dengan melihat status mereka. bagi yang mengikuti berita terkini, Twitter merupakan media yang tepat, tak hanya berita aktual. Pengguna juga dapat mengomentari kegiatan mereka.dan tidak menutup kemungkinan para artis tersebut membalas tweet dari fansnya.
Amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28 F disebutkan bahwa: “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia”. Maka dari itu berpangkal dari ketentuan pasal 28 huruf F tersebut telah mengilhami diundangkannya produk hukum di ranah publik yaitu UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Dalam ketentuan umum pasal 1 angka 1 dan angka 2 dijelaskan bahwa: Pertama informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan baik data, fakta, maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi baik secara elektronik maupun non elektronik. Kedua informasi publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik yang sesuai dengan Undang-Undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.
Hak atas informasi sebagai hak asasi manusia juga dapat dilihat dalam Pasal 19 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia sebagai cakupan dari hak atas kebebasan berpendapat dan menyatakan pendapat. Jaminan yang sama juga ditegaskan dalam Pasal 19 ayat (2) Kovenan Internasional Hak Sipil dan Politik (ICCPR). Hak atas informasi juga menjadi materi amandemen pertama konstitusi Amerika Serikat.
Adanya uu keterbukaan informasi sehingga kita dapat melihat betapa kita mudah sekali mendapatkan informasi,  baik yang sifatnya negatif maupun informasi yang sifatnya lebih positif yang mendorong kearah kemajuan masyarakat yang lebih baik.  Penyebaran informasi dilakukan oleh berbagai pihak. Ada pihak pihak yang memang secara resmi mengunggah informasi dengan maksud dan tujuan yang positif, namun banyak pula pihak pihak yang mengunggah informasi dengan tujuan yang negative, misalnya, situs situs yang menyebarkan gossip dan fitnah kepada pihak pihak tertentu tanpa diketahui siapa yang bertanggung jawab atas penyebaran informasi tersebut.
Bagi Pengguna media sosial twitter, Fungsi informasi meliputi tweet yang berisi informasi mengenai aktivitas yang di lakukan oleh pengguna twitter, akan tetapi banyak sekali porsi dari tweet semacam ini yang menjadi informasi yang lebih dari 140 karakter. Tweet ini biasanya ini biasanya di sertai dengan tautan-tautan ke situs web yang menyediakan informasi lebih lanjut mengenai informasi tersebut. Ciri twitter sebagai sosial media yang berbasiskan pertukaran informasi turut ambil pengaruh. Informasi di twitter sendiri bukan hanya berita ataupun data, tapi berbaur dengan perasaan pengguna.
            Adanya kebebasan dalam menuliskan status (tweet) juga berkaitan dengan keterbukaan diri. Beberapa pengguna twitter ada yang aktif menuliskan segala kegiatannya sehari-hari. Ada pula pengguna twitter yang hanya menuliskan status di kala senggang ataupun sekedar berbicara dengan temannya. Beberapa pengguna twitter juga mengaku bahwa twitter sudah seperti diary atau buku harian mereka dimana mereka menuliskan segala perasaan atau apa pun yang ada dalam pikiran mereka.
Melalui twitter, terciptalah sebuah komunikasi antarpribadi dengan para pemilik akun twitter yang telah menjadi following ataupun follower seseorang. Komunikasi antarpribadi tersebut berupa sebuah self disclosure atau proses mengungkapakan informasi pribadi kita kepada orang lain atau sebaliknya. Membuka diri berarti membagikan kepadaorang lain mengenai perasaan kita terhadap sesuatu yang dikatakannya atau dilakukannya, serta perasaan-perasaan kita atas suatu kejadian. Self disclosure juga memiliki arti pemberian informasi tentang diri sendiri kepada orang lain dan orang lain tersebut tidak akan tahu apabila tidak mendapat informasi tersebut.
Pengungkapan diri dapat berupa berbagai topik seperti informasi perilaku, sikap, perasaan, keinginan, motivasi, ide  yang sesuai dan terdapat di dalam diri orang yang bersangkutan.
Josep Luft mengemukakan teori Self Disclosure berdasarkan pada modal interaksi model interaksi manusia yang di sebut Johari Window. Menurut Luft, orang memiliki atribut yang hanya diketahui oleh dirinya sendiri (1), hanya diketahui orang lain (2), diketahui oleh dirinya sendiri dan orang lain (3), dan tidak diketahui oleh siapapun (4).
Pada dasarnya Twitter dibuat dengan niat baik dan benar-benar mengusung nilai-nilai pertemanan yang “kental”. Hal itu dapat dilihat pada fitur dan kemampuan seperti membuat pertemanan dan terus dapat berhubungan dengan teman-teman atau relasi, melalui Mention ataupun DM (direct Message), mengirimkan pesan personal layaknya e-mail, saling meng-upload dan sharing image, hastags (#) dan Trending topic yaiu topik yang sedang ramai di bicarakan oleh tweeps  Trending topic bisa bermanfaat bagi corporate branding dalam target pemasaran mereka, bisa pula bermanfaat bagi politikus untuk melihat isu-isu aktual, dan bermanfaat untuk siapa saja dalam mengikuti trend global, contoh: rilis film terbaru., membuat pernyataan status (Tweet). Ataupun memfollow orang-orang yang kita anggap berpengaruh seperti selebritis, politikus, mentri sampai presiden. Bahkan kita juga dapat mengikuti program-program acara di televisi ataupun media cetak, seperti @metrosiang, @inbox, @standupcomedy, @kompas dsb. Sehingga kita dapat memperoleh berita – berita terkini.
Dibalik atmosfer positifnya ternyata tidak dapat dipungkiri, Twitter menyimpan pula sisi negatifnya.Terutama kasus-kasus kejahatan melalui media Twitter yang menimpa para penggunanya sebagai korbannya. Maraknya, pelecehan seksual, tindakan asusila, pertengkaran, penghinaan, pencemaran nama baik, dan cybercrime lainnya yang turut melibatkan remaja banyak ditemui melalui Twitter.
Lita, seorang  Mahasiswi pernah menuliskan pada akun twitternya terkait dengan masalah seorang polisi yang menjebak dirinya membawa narkoba untuk mendapat kan uang, menjadi perhatian kepolisian dan juga penegak hukum pada waktu itu karena berhubungan dengan pencemaran nama baik dan banyak pihak yang menyayangkan tindakan Lita yang membuka kasus serius seperti itu lewat sosial media Twitter tidak melaporkan langsung terhadap pihak yang berwenang. (Metrotvnews.com).
Buku yang berjudul pocong dan pepatah yang berhasil menjadi best seller sebenarnya adalah buku yang terinspirasi dari kumpulan tweet (update status) yang kemudian diterbitkan. @pocong adalah akun twitter yang berisi kisah-kisah lucu pemilik akun, kisah komedy yang sangat menghibur sementara @pepatah adalah kumpulan tweet yang berisi nasehat dan petunjuk bijak yang sangat inspiratif. Dan keduanya berhasil menarik perhatian ribuan pengguna Twitter.
Keterbukaan diri (self-disclosure)di Twitter dapat berpotensi baik ataupun buruk seperti “dua sisi mata uang” yang ditimbulkan Twitter.  Di sisi lain Twitter dapat dipilih sebagai jalur alternatif self disclosure yang paling banyak digemari sekarang ini,  Retweet adalah salah satu fasilitas yang paling keren sekaligus sensitif. Selain dapat mengulang tweet orang lain dan memberitahukannya pada Followers kita ternyata RT atau retweet mempunyai efek yang amat luar biasa. Perlu hati-hati dalam mengupdate status di twitter. jika salah update atau yang memancing kemarahan orang lain (kontroversial), tweet tersebut dapat “keliling dunia” tanpa kendali kita. karena jika orang lain tertarik dan me-RT nya dan yang lain juga merasakan hal yang sama, tweet tersebut akan terus-menerus ter-RT bagai pesan beruntun di RT. Dan parahnya  itu diluar kendali penulisnya karena tidak mungkin untuk di hapus sementara itu tweet beserta nama orang yangbersangkutan sudah berjalan-jalan sehingga semua orang bisa melihat.
Sehingga peneliti sangat berharap penelitian ini bermanfaat terutama agar para pengguna twitter atau orang-orang yang aktif di dunia maya agar menyadari dimana ketika tahap membuka diri ini terjadi, disinilah etika itu berperan sehingga konflik bisa dihindari.
Pengungkapan diri memberikan nilai sekaligus gambaran, kita dapat menilai karakter seseorang berdasarkan informasi yang diberikannya. Setiap individu memiliki keinginan untuk tampil sebaik-baiknya untuk mendapatkan pengakuan secara instan dalam wacana sosial dan berharap akan ada komentar atau timbal balik positif dari pengguna twitter lainnya. 
Bersumber dari Undang undang tentang keterbukaan informasi publik tersebut dapat kita tarik satu kesimpulan bahwa tujuan keterbukaan informasi tentunya untuk tujuan kebaikan bagi semua umat manusia. Sumber – sumber informasi dewasa ini banyak sekali ragamnya. Mulai dari media cetak, elektronik hingga informasi di internet termasuk di dalamnya sosial media yaitu Twitter. Informasi yang bisa diakses oleh masyarakat salah satu tujuannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, oleh karena itu penyalahgunaan untuk hal hal negatif akan merugikan masyarakat dan dapat dikenakan sanksi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku di suatu negara.
Penulis memilih Twitter sebagai obyek penulisan karena Twitter adalah media komunikasi melalui internet yang akhir-akhir ini mulai banyak digunakan orang sebagai tempat untuk mencari teman, baik itu teman baru   ataupun teman lama yang bisa terhubung kembali, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari pengguna. Twitter juga memudahkan kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok. Karena itulah keberadaan Twitter kini akan menjadi gaya hidup baru bagi mereka, dan dapat dipastikan hampir setiap orang akan mempunyai account di Twitter.
Keterbukaan diri pengguna twitter merupakan hal yang menarik peneliti untuk dijadikan topik penelitian selain karena twitter sendiri yang sedang mengalami pertumbuhan pesat.  
Dari hal-hal tersebut maka peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian untuk melihat lebih lanjut sejauh mana mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu pengguna twitter membuka diri terhadap followersnya melalui update status/tweetnya. Pendekatan yang akan digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah  pendekatan kualitatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN DAN UPACARA SERAH TERIMA JABATAN

ONE DAY TRIP IN SEMARANG

Analisis Slumdog Millionaire