Yogyakarta, You and I

Lama tak menulis, padahal aku punya banyak kisah perjalanan yang menarik tapi baru sempet nulis. Ho oh aku sibuk sekali akhir-akhir ini. Psst.. lagi sibuk ngurusin hidup orang.

01 juni 2018 lalu, saya habis berkunjung ke jogya. Hooooh udah lama tapi baru sempet diceritain. Sibuk banget jadi aku tu 😭.

Kalo kalian pengen tahu murah atau mahal nya trip ini. Aku gak bisa kasih kesimpulan soalnya masalah biaya itu kadang relatif. Dan kenapa terkadang kita effort lebih padahal bisa ngeluarin budget yg lebih dikit yaa kadang tergantung sikon sih yaa. Balik lagi masalah kenyamanan orang itu beda-beda. Aku sih tipe orang yang kalo jalan lebih suka backpaker ketimbang ikut open trip atau semacamnya bukan soal murah atau mahalnya. Ngerasa lebih bebas aja gitu nentuin destinasi, gak diburu-buru waktu, dan bisa suka-suka mau ngapain aja tanpa perlu gak enak-an sama peserta lain. Walopun lebih cape dan ribet, aku tetap lebih suka backpaker dah.

1. Transportasi
Kami ke Yogya naik KA Ekonomi berangkat dari senen - Lempuyangan. Secara pribadi gue gak ada masalah sama KA ekonomi kaki gue pendek jadi gak ada alasan untuk duduk tersiksa. Yang jadi masalah adalah partner gue yang menderita sepanjang malam selama 10 jam. Ngakunya sih menderita padahal tidurnya mah anteng dan nyenyak banget sampe ngences ngences.

Pulangnya? aku harus bayar tiket 3 kali lipat naik KA premium doang padahal. cuma gara-gara ada kerjaan mendadak dan nyari tiket buru-buru. terus tiket pulang  yang udah terlanjur dibeli harus hangus. Orang kantor mah suka gak nyantai kalo gak ada aku tu.

Selama di Yogya mostly kita jalan kaki, kalo masih under 2KM jalan kaki, udah kek latihan fisik TNI dah itu. terus naik Busway, sekali-kali naik becak atau naik grab tergantung kalo kita masih banyak waktu atau diburu cepat-cepat aja sih itu. Tujuannya sih biar kita bisa melebur dan melihat lebih dekat kehidupan masyarakat Yogya. padahal mah bilang aja ngirit yaaak.  Transportasi di Jogya? menurut aku muraaaah. termasuk tarif Grab dan Busway nya lebih murah dibanding kota-kota lain.  Keramahannya? ohh, gak usah ditanya kalo itu... 

2. Akomodasi.
Di jogya banyak hotel murah, mulai dari harga 50 K sampe yg jutaaaan. Tergantung kebutuhan sih itu mah mau yang mana.  Dan gue milih nginap di hotel atas rekomendasi dari temen asli jogya. Berhubung saya berdua sama cowok jadi gue galau mau pesan kamar hotel. Kalo 2 kamar jatuhnya boros, kalo 1 kamar bukan muhrim padahal ketika perempuan dan laki-laki berada di kamar yang sama belum tentu di kepalanya mau itu...itu , karena masih banyak ena-ena lainnya yg mau kita lakukan.

Jadi, selama perjalanan kemaren. Kebanyakan pertanyaan yg datang adalah "kalian tidurnya satu kamar gak?"

Kalo satu kamar emang kenapa? *langsung di pandangin dengan muka mesum sama rangorang dah.

Jadi, kami tidurnya di kamar terpisah otomatis budgetnya 2 kali lipat hahaha padahal harusnya bisa milih kamar yang twin jadi tempat tidurnya misah. ini kenapa menghemat mulusih dipikiran?.

Nginap di hotel biasa aja di malioboro yang penting deket kota, deket stasiun deket halte busway deket pusat makanan. menurut gue sih lumayan lah yaa, bersih, ramah dan udah ada sarapan pagi.. Cuma harusnya dengan budget segitu kita bisa milih hotel dengan view agak lumayan. Tapi karena kita nyarinya gak nyantai pas di stasiun sebelum berangkat, takut kehabisan kamar. yang deket malioboro ternyata hotelnya berjibun di jalan itu jadi gak perlu khawatir kehabisan.

Kenapa Yogya?
Karena gue mau ketemu seseorang disana, tapi bohong... Hiya.. Hiya

Karena buat gue, Yogya itu kota yang menarik, secara culture dan udah dari lama banget pengen liat keagungan candi yang masuk dalam 7 keajaiban dunia. Ketertarikan utama saya  dalam setiap perjalanan  seperti ini adalah Heritage, Culture dan City Sight. Yogya memiliki semua yang saya cari.

Itinerary aja kali yaa, langsung...
Day # 1.
Berangkat jam 11 malam dari senen tiba jam 07 pagi di Lempuyangan. Karena gak mau ribet sama bawaan jadi kami ke hotel dulu belum bisa cek in karena harusnya jam 2 siang.  terus titipin barang di CS sambil sepik-sepik biar di ijinin titip barang.

Terus kita sampai siang lebih ke explore wisata urban. Mulai dari malioboro, keratonan jogya, tamansari, sumur lima tangga dan sampe taman pintar. Semuanya, kita JALAN KAKI... cuma pas balik ke hotel doang kita naik becak.

Ohh iya gue gak mau lewatin kisah sarapan pagi kami yang bikin melongo, (mata kalian boleh melotot semua pas baca ini?). Berhubung kita terakhir makan di jakarta sebelum berangkat dan gak jajan selama di kereta. Kami hampir mati di koyak-koyak rasa lapar. Sesaat sebelum melanjutkan perjalanan kami dibuat terpesona sama nasi gudeg di pinggir jalan. Yhaa.. Kami benaran terpesona sih sama keramahan ibunya, sama kelezatannya, keramahan orang-orang disana dan lebih terpesona lagi saat mau bayarnya.

Awak kira lah kek makan di pinggir jalan di bogor yaa kan, murah meriah, bikin kenyang, bikin happy, kantong gak kritis. Ehh. Taunya harganya udah kek habis makan di solaria bah. Kaget kali awak pas sodorin 50ribu masih kurang. Udahlah intinya kalo mau makan di Jogya jangan di pinggir jalan yaa, ke kafe aja sekalian harganya lebih pasti, apalagi gak bisa bahasa jawa nampak kali muka mu itu muka pendatang wkwkwkwk

a. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kita start dari sini, karena kita mau menyelemai sejarah Jogya Cieelaah.. jadi ini merupakan istana resmi kesultanan Yogyakarta. Sejarah selalu membuat kita penasaran yaa kan? nah, masuk disini bayar tiket masuk 12.500 rupiah dan kita akan dipandu sama guide nanti si bapak tersebut akan menceritakan secara detail tentang sejarah dan bangunan-bangunan yang ada di keraton tersebut.

Kalo kamu beruntung, kamu bisa melihat tradis-tradisi kesultanan tapi aku gak lagi beruntung waktu itu :'(.
Pertama nyampe gak ada orang, terus kirain emang gak bisa masuk ke dalam taunya ada pintu disebelah sonoan lagi.






Disini kita juga bisa menemukan kereta kencana, jadi ada satu museum khusus yang berisi beragam kereta kencana yang dipakai kerajaan bahkan beberapa diantaranya didatangkan dari Germany dan Holland ada tahun pembuatannya lengkap. Beda kegiatan beda pula kereta kencana yang digunakan,  masing-masing kereta punya fungsi khusus. ada lukisan-lukisan, benda pusaka khas Yogyakarta, perangkat musik jawa dan benda-benda pemberian dari raja eropa. lengkap pokoknya.

foto di istananya dulu aja yaa kan, siapa tau besok bisa jadi penghuni istana. apa sih -apasih ku juga Boru Raja loh :D

Jadi aku lupa nama pohon ini, yang katanya ajaib dililit "napuran" yu know napuran in bahasa?  jadi kata bapaknya kalo foto dibawah pohon ini niscaya ikatan hubungannya bakalan kuat. si bapaknya minta kami foto dibawah. tapi kan- tapiiii.. sibapaknya gak tau kalo dia pacar orang :P.

B. Taman Sari.
ini tu yaa, tempat rekreasi keluarga kerajaan, tempat mandi putri-putri raja, jadi dibanguan itu ada kamar-kamar khusus ruang buat ganti baju. But if you visit Istana air? You gak boleh coba-coba mandi yaa, even itu lagi panas terik-teriknya dan airnya menggoda untuk nyebur.

buat gue, kerennya adalah arsitektur yang sangai indah dan unnik sekali perpaduan dari berbagai budaya di dunia. dan masuk cagar budaya juga. jangan merusak intinya mah. 

c. Masjid Bawah tanah


Jalan sedikit dari tempat pemandian ratu, ketemu lorong-lorong  panjang menuju mesjid bawah tanah,  memang letaknya benar-benar dibawah tanah . memiliki 2 lantai dengan bangunan dan desain unik ini melingkar seperti panggung.




Pada zaman dahulu kala menara ini sering digunakan para raja untuk mengawasi para selirnya ketika sedang mandi. jadi tukang ngintip berarti. apa gak bintitan itu matanya? :D


D. Taman Pintar
karena ingin terlihat pintar kita juga sempat yes berkunjung kesini disini ada area penjualan buku-buku murah dan beraneka ragam jenis cuma 1/2 harga dari biasanya koleksinya lengkap juga. dan disinilah kita melepas lapar dan dahaga. setelah setengah harian pertama  mengenal Yogya.


Next.....

Prambanan, Iam Coming

Jam 2 siang kita balik hotel cek in, mandi ganti baju, pake parfurm pake lipstic merah (mesti yaa detail kek gitu?) terus kita ke Candi Prambanan karena candi prambanan itu lebih deket dibanding Candi Borobudur. Jadi, kami ke prambanan dulu. Bisa naik busway sebenarnya tapi kita takut ke-sore-an nyampenya terus malah gak sempat ngapa-ngapain keburu gelap. Jadi kita naik grab kalo gak salah sekitar 80rebu. Tiket masuk 40ribu untuk wisatawan lokal.

Tapi baliknya naik busway murah meriaaaah dan kita gak lagi ngejar2 waktu. Naik busway di Jogya itu rada ribet karena banyak transit-transitnya jadi harus banyak nanya. Terus gak kaya busway jakarta ada tulisan di dalam jadi kita bisa tahu udah lagi dimana. Kita cuma ngandelin kondekturnya yang ngomongnya gak jelas banget di kuping, medhok banget, ditambah nama daerahnya rada susah diucapin sama mulut batak gue ini hahahaha


Prambanan menyambut kami dengan langit mendung begini, sempat khawatir akan hujan tapi selanjutnya cerah. Yes! Semesta mendukung
disini Kita diputar musik jawa yang mendayu-dayu ditelinga, pas kita kesini sih gak rame banget kebanyakan turis manca negara.  pas beli tiket di tanyain sama penjaganya; "Local apa mancanegara?'. pas gue jawab Local gue diliatin banget yaa ampun? apakah muka ku ke-jepanng-jepang-an? apa begimana sih?.


Beberapa turis yang gue nguping-in itu ada dari prancis, spanyol, italy dan china dan beberapa bahsa dari negara-negara yang gue gak tahu. Theya are so interested with prambanan. mereka tuh masuk ruang demi ruang, membaca setiap keterangan dibangunan. They come here for learn not only for taking photo.

Semacam nungguin senja di prambanan karena gue kecewa gak jadi ke ratu boko. mau nulis puisi tapi gagal puitis
















Sumringah banget loh ini bisa liat prambanan, kayak my dream come true gitu pokoknya...

Dinner at  The  House Of Raminten

Kita menuju makan malam di Raminten House lagi-lagi atas recomen seorang teman. Siapakah teman ini? Yg recomen berkali-kali dan nyariin karena udah reservasi tempat tapi kita gak nyampe-nyampe.

jadi The house of raminten ini konsepnya tradisional cafe, Nuansa jawa banget lah pkoknya. murah dan unik pula, Idaman ini mah :). 

Saking lagi fullnya kita cuma kebagian tempat dekat pembakaran dupa dan itu aromanya aku gak suka banget. Huhuhu 😭😭. ada aroma terapy dan dengan dengan sesajen kembang dan dupa. gue duduk deket itu semua :'( makanannya variatif tapi 100% masakan jawa. varian makanan dan minumannya semua unik dengan porsi jumbo. kalopun lidah kamu kurang cocok sama masakan jawa I recomen you must  try in here soalnya kapan lagi makan masakan jawa dengan tradisi jawa yang kental. Musik gamelan jawa, semuanya deh pokoknya. I love this place ❤ makasih recomendnya mas. menunaya tuh seingetnya gue aja yaa ;  bubur ayam kelasworo, ayam koteka, sego kucing, nasi rawon, sego gudeg,wedang serai. wedang secang, kelapa muda jumbo, es dawt. banyaaak dah pookonya.  silahkan mampir dan di coba langsung kalo ke Jogya yaa :).

ARTJOG

Habis makan malam sekitar jam 9 kalo gak salah, kita lanjut ke ART JOG. jadi ART JOG ini semacam event  seni kontemporer tahunan di jogya gitu. Lagi-lagi kita di ARTJOG sudah dibeliin tiket sama si DIA.

jadi, siapakah si DIA ini? Ahh, sudahlah kalian tak perlu tahu dan tak perlu bertanya-tanya. Yang pasti dia adalah orang asing yang semakin asing... Ahahaha apasih!

ARTJOG adalah peristiwa seni yang membuka ruag pertemuan bagi gagasan dan ide-ide baru dalam kesenian. beragam presentasi bentuk seni lintas disiplin, dari seni rupa, seni musik seni tari, seni pertunjukan. (agat berat yaaa bahasanya :D).

Gue tau ARTJOG dari following gue di twitter yang nge-ributin betapa kerennya ARTJOG, sebagai orang awam sama dunia seni. gue tertarik banget sama event ini karena setelah gugling ada banyak hal seru yang bisa dilakukan disini. tiketnya 50K dengan semua kemewahan yang ditawarkan menurut gue sih itu worthit banget.



Jadi, sebenarnya aku mau di Yogya itu sampai senin rencananya dan udah ambil cuti. Hingga Hape ku bunyi pas jam 11 siang di hari Sabtu. Demi Dewa Neptunus gue disuruh pulang dan harus masuk hari senin karena sesuatu hal yg sangat URGENT, keseeeeeel? Gak usah ditanya, keseeeelll banget pasti. Gue udah dapat tiket murah harus di tukar sama tiket super mahal yang di booking dadakan kek tahu bulat untuk pulang minggu malam. Itu artinya gue gak jadi dong kencan diperpanjang sama si DIAAAAAA arghhhhh... Pengen ngacak-ngacak isi planet mars rasanya. padahal aku pengen mendamaikan pikiran dari hiruk pukuk sebentar aja gitu lohh.

Malioboro Street

Every City has the one street that people go to party. In bali there'is kuta, Jakarta has kemang, Bangkos has khao san road and in Yogya you go to Malioboro streeet.

Di Jogya kita punya jalan Malioboro yang gak pernah tidur, jadi saya dan teman saya minum kopi sampe jam 2 pagi disana. Sambil menonton manusia. berbincang dan saling melempar senyum begitulah perjalanan membuat hati menjadi lebih riang.

DAY # 2
Hari ke-2 sebenarnya gue kepengen banget ke museum Ullen Sentalu dan teman saya pengen banget ke borobudur. jadi buat dia belum ke jogya kalo belum guling-gulingan di borobudur.

Sebenarnya saran dari temen saya tadi, ada baiknya berangkat subuh terus liat sunrise di puthuk setumbu-ke gereja Ayam-terus ke Borobudur. Tapi setelah nanya2 harga sewa mobil mayan mahaaaal untuk berdua kecuali kalo rame-rame. Dan males bangun subuh kalo mau naik grab. Akhirnya kita milih nyantaiiii ajalaaaah. Seloooow. dan perjalanan ini dibuat sesantai mungkin sih, spontan tanpa perencanaan yang menggebu-gebu jadi kita mengikuti ritme dan arah kaki aja.

Jadi yang rencananya bangun jam 5 pagi, jadi jam 6 itupun mesti telpon2an dulu padahal kamarnya sebelahan. Mau mandi males pake acara slow motion dulu. Jam 8 kita masih sarapan di bawah. Fyi: sarapan yg disediakan hotelnya enaaak.

Jam 9 kita baru jalan, kali ini naik busway dari malioboro  menuju terminal Jombor dari terminal kita lanjut naik bus yang ternyata borobudur itu emang jauuuuuh. Sampe tidur-bangun-tidur-bangun dan belum nyampe-nyampe juga. Ongkosnya 20ribu kalo gak salah. Dari terminal kalian bisa jalan kaki langsung ke borobudur jangan pernah percaya sama tukang becak manapun dijagad raya ini yang menawarkan jasa untuk ngantar ke borobudur.  Karena mereka cuma nganter sampe gerbangnya doang yang  cuma 500m dari teminal padahal perjuangan sesungguhnya adalah jalan kaki dari gerbang sampe ke borobudur itu sunggguh jauuuuh berkilokilometer.  Dan kalo mau sewa payung sebaiknya order di dalam aja, yang di dalam jauh lebih murah ketimbang ojek payung di luar. Kenapa harus sewa payung? Karena disana panas, gak ada tempat berteduh, pakai topi aja tetep panas bosqueee. Kecuali mmg bawa payung dari rumah yaa.. tiba di borobudur sekitar pukul 12 siang dimana matahari sedang galak sekali.

yang gue suka, jalan di Yogya itu gak ada yang jelek semua mulus semulus paha  lisa blackpink. dan busnya gak ngetem-ngetem kayak angkot bogor.

What I get from borobudur? Yaah.. Melawan lupa pelajaran sejarah di zaman SD Sampe SMA. Disana itu dijelasin dengan sangat detailed. mulai dari dinasti sailendra hinggga proses penggalian kembali . jadi kurang lebih merefresh ingatan kembali bahwa tempat ini dibangun sebagai tempat pemujaan budha yang berisi petunjuk  agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan.

Menyenangkan sekali melihat manusia dekat dan berbincang dengan Tuhan-nya


My Favorite View


Habis dari borobudur kitaaaa tepaaaar sih. jujur, ditambah kita tidur kan bentaran doang 2 malam berturut-turut  karena kita benar-benar explore dengan jalan kaki. Dan kita sama-sama gak tertarik buat belanja-belanja-an. (apa sama-sama miskyn?). Jadi, gue emang males kalo jalan-jalan terus beli belanjaan banyak, karena gue sukanya jalan kaki. Jalan kaki dari sana kemari, yaaa enak ajaa gitu, saya merasa dekat dengan kota yang saya kunjungi kalo jalan kaki. Yaa kebayang dong gimana ribetnya kalo jalan kaki terus nenteng belanjaan.  Gue cuma pake 1 ransel + sling bag kecil buat tempat dompet,hp dan tisu. Gak mau ribet sama oleh-oleh apalagi titipan orang, jangankan buat orang beli buat diri sendiri aja gue males bawanya soalnya. Enak dong distasiun melenggang santai.

Ice Cream Gelato.
Yogya juga melegenda dengan ice cream gelatonya kan yaa.. Kita mampir ke Ice Cream Gelato. Tetep kita naik busway pulangnya dari borobudur  meski buta peta dan transitnya, jalan-jalan tanpa nyasar dan bingung-bingung begok itu emang kurang Asoy.


lalu semua kebahagiaan hari itu di tutup sempurna dengan Ice Cream gelato, ini menjadi tempat terakhir sebelum kita berburu bakpia pathok dan mengambil barang ke hotel.

So, Do you wanna visit Yogya? Ajak-ajak Gue dong :))




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN DAN UPACARA SERAH TERIMA JABATAN

ONE DAY TRIP IN SEMARANG

Analisis Slumdog Millionaire