Interview : #speak english part 2

love rain :) 

Banyak orang mendefinisikan hujan dengan makna yang beragam, ada yang bilang hujan itu berkah karena padi diladang, sayuran di kebun dan sebagainya tumbuh subur dan sehat, mahasiswa bergembira karena kalo hujan dosennnya Absen, penjual payung, penjual jas hujan bahagia omsetnya meningkat. Ada pula yang dibuat kesal karena hujan telat ngantor, jualan es gak laku, dan banyak aktivitas terhalang. Dan aku berada diantara orang kesal itu.

Hari ini adalah interview ku dengan perusahaan yang katanya hebat itu, saya menghabiskan waktu 15 menit untuk mandi, 1 jam untuk dandan dan semalam suntuk bongkar lemari nyari baju kece untuk dipakai. Aku harus total kali ini, aku muak dengan penolakan kali ini harus diterima begitulahh mottonya J. Dan persiapan sempurna itu nyaris berantakan gara-gara hujan deras yang tak kunjung berhenti. Aku panik aku udh harus nyampe di kantor jam 09.00 gak pake telat! (sambil ngebayangin wajah galak bapak tua). Dan ini sudah 08.00. aku masih harus jln kaki ke halte, masih nungguin busway yang gak tau berapa menit lagi nongol. I have got distress!!!
Apakah kamu tahu hal yang paling menyebalkan? Ketika kamu sudah siap untuk berperang dan ternyata perangnya sudah usai. Itu merepotkan!. Kira-kira begitulah, waktu berangkat dari rumah hujan msh deras, maka demi melindungi make up dan dandanan terutama rambut hasil catokan maka kupersiapkan payung besar. No, Very Big umbrella lebih tepatnya! Orang-orang nyorakin aku sepanjang jalan di kira mau buka lapak buat jualan cendol kali ini payung L. Bencana nya lagi adalah, sebelum aku tiba di halte, hujan nya tiba-tiba berhenti, luar biasa. Puji Tuhan. Tapi aku kesal payung segede gini mau di umpetin dimana cobaa? Gak muat dalem tas. Atau aku buang aja payungnya trus pas kaka nanyain pura2 bingung, trus panik. Lupaaa kak, ketinggalan. Beres dehh!. (otak kriminal). Tapi tidak jadi melaukannya takut kualat ntar pas interview.

Akhirnya aku dapat Bis, sudah penuh, dan aku harus diri dengan tangan bergelantungan hal yang tak biasa ku lakukan, dulu waktu mahasiswa Cuma naik angkot karena mmg gak ada Bis disana, duduk manis, paling resikonya duduk sempit-sempitan. Dan itu juga jarang banget. Naik bis, posisi berdiri pake hils 9 cm itu penderitaan besar, ditamlahlagi kalo tiba2 ngerem mendadak lo bisa aja tercampak 1 meter dari tempat lo berdiri, iya kalo tercampak dipelukan cowok cakep, atau di kiri kanan lo ada cowok cakep wangi. Mungkin perjalanan akan terasa sedikit indah, (soundtrack : Kemesraan ini....). kalo di belakang lo ada om-om buncit seram, di samping lo ada ibu2 yang baru pulang dari pasar stelah berbecek2 ria, ada lagi cowok bertato dengan bau ketek yang nauzubillahh.

Singkat cerita, aku nyampe juga di kantor dengan rambut berantakan, bedak luntur, lipstik memudar, hanya maskaranya yang masih awett. Lalu bertemu dengan para kompetitor saya, cantik-cantik, rapi-rapi, ganteng-ganteng. Nyalii ku ciyuuuttt. Nyuuuuuuuutttt!. Maka aku duduk dengan manis di ruang interview, sambil mendengarkan pembicaraan absurd mba-mba cantik di samping saya..
Mba1 : mba... ini kantor apaan sih?
Mba2 : mbaa jugaa gak tahu.
Mba1: keknya bergerak dibidang tiketing yaa mba, liat tuh ada hongkong, newyork, london, jakarta...
Sumpahh!! Aku pengen kali ketawa dengarnya, aku juga bego sihh tapi gak bego banget juga kayak gitu. For Your Information nihh yaa, sebelom lo benar-benar memutuskan untuk menghadiri interview harusnya lo udah nyari informasi dong ttg perusahaan tempat kamu akan bekerja, minimal nanya abang/kaka/tetangga/penjual bakso keliling yang kebetulan lewat dpn rumah. Di zaman internet lo bisa kan search di google, minimal tahu informasi paling dasarnya aja jadi ntar pas interview kamu lebih leluasa buat kasih penjelasan. Dan pengetahuan ttg perusahaan itu penting banget buat seorang interviewer sebagai bukti keseriusan kamu. Saran aja sihh!. Lagian udah jelas dimana-mana ada tulisan investor, ada grafik saham, ada trading, ada beberapa award di tempelin di dinding masa iya, jawabannnya tickecting. Gak banget dehh!

Ini sebenarnya yang menjadi inti dari kisah ini, akhirnya aku dapet giliran juga buat dipanggil. Sebelum melangkah ke ruangan aku rapiin baju melirik kaca sekilas, mastiin kalo panca indra gue masih pada tempatnya. Enggaa lahh!!.
Aku masuk, and say : “selamat pagi bapak”.
“silahkan duduk” aku shock, bapak yang bakalan wawancara aku adalah bapak sangar yang aku temui pada job fair beberapa hari yag lalu. Aku mandangin posisi tempat interview yang terbilang ganjil, dan mastiin bakalan duduk dimana.
:SILAHKAN DUDUK!!!” kali ini suara si bapak tua makin seram+galak, ruang interview semakin horor.


      










NB: Posisi ini terlihat ganjil dan sangat tak biasa bukan???


Lalu dimulailah wawancara yang menyedihkann itu:
Bapak Tua : okay nurlela, can u speak english?
Saya : (hah?? Engress?? Kok gini sihh? Yes, I can (jawaban terpaksa)
Bapak Tua : are you sure?? (pelototin aku)
Saya : (mulai ragu) Little maybe, sir. (gemetarannn)
Bapak Tua : so tell me about your self.
Saya : my neim is nurlela lumbantoruan bla.. blaa..blaa... panjang lebar. I graduated from bengkulu university with predikat very satisfied and GPA three (aku diam aku mikir panjang apa yaa bhs inggrisnya koma. Lupa!! Benar2 lupa begoo banget aku. Engga tahu lagi) dengan takut2 aku ngomong “koma itu apa yaa” |bapaknya jawab dengan dingin “poin”. Blaa.. ballaaa.. blaaa selanjutnya makin banyak lagi.
Bapak Tua :tell me about your personality not your skill, just personality. (agak ditekan pula itu).
Saya; i have dinamic personality, confidence, ballaa.. blaaa.. blaaa. Bertanggung jawab. Lupa lagi bhs inggrisnya bertanggung jawab apaan. Kali ini si bapak tersenyum. Maka aku merasa lebih lega. Lalu selanjutselanjutnya bapaknya nanyain banyak hal tetap in englis sementara aku jawabnya kadang pake bhs engres kadang bhs indonesia. Yang di tanyaiin itu seputar strengh and weaknes, dan aku disuruh to proof bahwa aku seorang yang punya responsible, ditanyain kalo aku punya good communication skill buktinya apaa?. Banyak hal lagi sih yang ditanya seputar kuliah, keluarga dsbnyaa..
And finally, si bapak galak says: i wait you in this office on Monday at 09.00 am. Blaa.. balaa
Itu artinya, aku diterima masih training sihh untuk 2 bulan ke depan, aku masih harus belajar keras untuk mempelajari bisnis dan perusahaan ini. Cumaa aku gak nyangka ajaa kalo bapaknya puas dengan wawancara dan jawaban yang aku kasih J J J
Sebelum aku pulang bapaknya ngomong : “i’m very apreciate you to try speak in english “
Ohh, senangnya kalo usaha kita di hargai sedemikian rupa..
Oke dehh, kamu yang lagi nyarii kerja, semangat yaa!! Succes for us in futuree..
See u on next post... byee... byeee.. :*

*enjoyy readings)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN DAN UPACARA SERAH TERIMA JABATAN

ONE DAY TRIP IN SEMARANG

Analisis Slumdog Millionaire